Bahasa Lombok sasak

//iklan
//iklan
Bahasa Lombok sasak - Selamat pagi, "Bedeit ampok kence tiang" itulah sepenggal kalimat bahasa sasak yang sering diucapkan oleh orang lombok yang artinya bertemu lagi dengan saya, bahasa nya cukup lucu dan kalau saya bukan orang lombok pasti anda mengatakan bahasa lombok adalah bahasa aneh dan jadul tapi sebenarnya tidak karna bahasa lombok itu baik,sopan,halus dan mempunyai arti mendalam.

Bahasa lombok adalah bahasa sasak yang sudah turun temurun dan wajib di pelajari dan dimengerti oleh orang atau suku asli lombok.

kata "lombok" pun dalam bahasa indonesia nya seharusnya diartikan dengan arti "lurus" tetapi banyak yang mengartikan lombok itu pedas atau cabe,ntah dari mana itu berasal tetapi kalau orang lombok sendiri mengartikan lombok itu adalah lurus.

Bahasa lombok itu banyak,banyak dalam artian dialeknya,bila anda ke daerah yang satu lalu ke daerah tetangganya pasti bahasanya sudah berbeda tetapi masih mempunyai kesamaan walaupun sedikit.

lombok
lombok itu unik

Bahasa Sasak dipakai oleh masyarakat Pulau Lombok, provinsi Nusa Tenggara Barat. Bahasa ini mempunyai gradasi sebagaimana bahasa Bali dan bahasa Jawa. Bahasa Sasak serumpun dengan bahasa Sumbawa.
Bahasa Sasak mempunyai dialek-dialek yang berbeda menurut wilayah, bahkan dialek di kawasan Lombok Timur kerap sukar dipahami oleh para penutur Sasak lainnya. Sebagai contoh, kawasan antar rukun warga (RW) yang hanya berjarak 500 meter sudah memiliki dialek yang sangat berbeda.
Contoh Bahasa sasak dan artinya :
Tindok : tidur
lalo : pergi
nyampah : sarapan
nginem : minum
tiang : saya
side : anda
peteng : gelap
jemek : besok
laun : yang akan datang
lemak : pagi
kelem : malam
Bila anda ingin belajar bahasa sasak atau ingi sekedar ingin mengetahui apa itu bahasa sasak anda dapat mengakses alamat kamus bahsa sasak online : http://kamus.sasak.org/
Bahasa Sasak biasanya dibagi menjadi lima dialek menurut wikipedia :
  • Kuto-Kute (Utara),
  • Ngeto-Ngete (Timur laut)
  • Meno-Mene (Tengah)
  • Ngeno-Ngene (Timur tengah, Barat tengah)
  • Meriaq-Mriku (selatan tengah)


Mudahan ne berguna artikel ine aok ite dengan sasak mesek ndek te ngerti besen te mesek,dendeq lupe' pede ajarang aneng anak jarin te loun nggh. artinya mudahan artikel ini beguna,kita orang sasak harus mengerti bahasa sendiri,jangan lupa untuk mengajarkan bahasa sasak ini ke anak cucu kita di waktu mendatang.

//iklan

0 Response to "Bahasa Lombok sasak"

Post a Comment

Selalu Tinggalkan Komentar untuk Kemajuan Blog ini :)