Tradisi Nalet Pade Dan Ngerampek Pade Lombok

//iklan
//iklan
Tradisi Nalet Pade Dan Ngerampek Lombok - Tradisi ini sudah ada sejak zaman dahulu kala yang di wariskan oleh nenek moyang dari generasi ke generasi di lombok, Tradisi Nalet Pade Dan Ngerampek Pade Lombok ini mempunyai arti yaitu menanam padi dan memanen padi.

Nalet Pade Di Bangket

Nalet Pade Di BangketNalet pade atau menanan padi dalam bahasa indonesia nya yaitu adalah aktifitas yang menanam benih padi di sawah, di lombok nalet pade ini dilakukan saat musim penghujan turun di bangket (Sawah), karna air melimpah sehingga pade dapat dengan cepat tumbuh, biasanya para amaq dan inaq lah yang akan nalet pade di sawah secara beramai ramai.

Masyarakat di desa desa di lombok menjadikan aktifitas seperti ini sebagai aktifitas menyambung silahturahmi dengan saling membantu menalet pade di sawah, dan sebagai alternatif mendapatkan pekerjaan sampingan pada saat musim nalet pade saja.

Ngerampek Pade

Ngerampek Pade
Ngerampek Pade dalam bahasa indonesia nya yaitu adalah memanen padi, di lombok ngerampek ini juga bisa disebut dengan begabah. Dilakukan pada saat masa panen padi tiba.
Para amaq dan inaq pun datang ke sawah untuk ngerampek pade ini, mulai dari memotong padi, memilah dan memukul mukul padi hingga butir butir gabahnya lepas dan akan di tampik oleh inaq inaq agar gabahnya menjadi lebih bersih lalu di masukkan ke dalam karung yang selanjutnya akan di bawa ke mesin heler yaitu mesin pengolah gabah menjadi butir butir beras.

Alat Transportasi becakAlat Transportasi pengangkut Gabah nya ke mesin heler nya pun masih menggunakan becak lombok, dengan menggunakan becak ini lebih murah dan berkapasitas besar, dapat mengangkut beberapa karung gabah secara langsung ke tempat mesin heler berada.

Setiap tahunnya masyarakat lombok selalu melakukan Tradisi Nalet Pade Dan Ngerampek Pade Lombok ini, jika anda ingin melihat langsung aktifitas nalet pade dan ngerampek pade ini silahkan datang ke desa desa di lombok di setiap musim tanam dan musim panen.
//iklan

0 Response to "Tradisi Nalet Pade Dan Ngerampek Pade Lombok"

Post a Comment

Selalu Tinggalkan Komentar untuk Kemajuan Blog ini :)